Catatan-Studi

Catatan-Studi

Perang sebagai Pisau Analisa Politik (Bagian 3)

(lanjutan Catatan kuliah Michel Foucault “Il faut défendre la société” 21 Januari 1976, College de France, Paris) Perkembangan diskursus tentang ras. Perang antar ras sebagai ide pertarungan politik. Kolonisasi diskursus perang permanen antar ras, menjadi ide normalisasi sosial.
Catatan-Studi

Perang sebagai Pisau Analisa Politik (Bagian 2)

(lanjutan Catatan kuliah Michel Foucault “Il faut défendre la société” 21 Januari 1976, College de France, Paris) Poin penting pada akhir bagian sebelumnya adalah pembalikkan tesis terkenal Clausewitz, yang menjadi: "politik adalah kelanjutan dari perang dengan cara-cara lain." Foucault berargumen sangatlah mungkin sebenarnya Clausewitz membalikkan tesis tersebut dalam memformulasikan tesis terkenalnya.
Catatan-Studi

Ulasan Buku Vedi Hadiz: Islamic Populism in Indonesia and the Middle East

Vedi Hadiz mencoba menawarkan pendekatan baru dalam mempelajari perpolitikan Islam: kecenderungan jangka panjang gerakan Islam dari kacamata sosiologi historis dan politik ekonomi, dengan pendekatan komparatif. Risetnya dilakukan di beberapa negeri berpenduduk mayoritas Muslim: Indonesia, Mesir dan Turki.
Catatan-Studi

Menemukan Perang sebagai Pisau Analisa Politik (Bagian 1)

Catatan kuliah Michel Foucault “Il faut défendre la société” 21 Januari 1976, College de France, Paris. Pada catatan kuliah sebelumnya, kita telah melihat bagaimana Teori Kedaulatan tidak lagi dapat dipakai sebagai metode analisis atas hubungan/relasi-relasi kuasa.
Catatan-Studi

Mari Tinggalkan Teori Hak/Kedaulatan

Perkembangan teknologi kekuasaan terlihat terlalu kompleks untuk dianalisa melalui kacamata "ekonomisme" yang mengandaikan kekuasaan adalah hasil dari transaksi (teori kontrak sosial) maupun sebatas alat produksi dan reproduksi relasi ekonomi kapitalisme.
Catatan-Studi

“Warga” sebagai artikulasi gerakan rakyat, proyeksi gerakan atau proyeksi media?

Menggunakan alat word cloud aksi-aksi protes yang diberitakan sepanjang Januari 2013 yang dikumpulkan oleh lembaga Praxis, kita dapat menemukan kata "warga","aksi", dan "desa".
Catatan-Studi

Catatan mengenai negara dan wilayah

Berbagai catatan awal berkaitan dengan ide-ide dalam geografi politik dan geopolitik. [scribd id=204466324 key=key-qclgjw3zr7lkxk215ex mode=book]
Catatan-Studi

Manuskrip Awal Mengenai Hobbes dan Filsafat Politiknya

Hobbes, meski kini telah banyak dilupakan, sebenarnya salah satu peletak dasar teori-teori politik dan filsafat politik liberal. Terlampir adalah catatan tangan awal dalam mempelajari Hobbes. [scribd id=193806962 key=key-phbv7x76w9a5p4lvwgw mode=scroll]
Catatan-Studi

Pembatasan Diri Sebagai Pandangan Etis Pemerintahan

Berakhirnya kekuasaan Presiden Soeharto pada Mei 1998 juga merupakan sebuah pertanda berakhirnya sebuah rejim, dalam makna keseluruhan dari kelembagaan, praktik-praktik, dan ide-ide yang melingkupi cara bagaimana negara dan masyarakat berjalan. Sejak saat itu, Indonesia berada dalam masa transisi yang panjang, sebuah proses pembangunan rejim baru: lembaga-lembaga pemerintahan yang baru, praktik-praktik tata kelola negara yang baru, dan tentunya ide-ide baru tentang bagaimana roda pemerintahan dijalankan.
Catatan-Studi

Meninggalkan Analisis Hak dan Teori Kedaulatan